13/10/2014

Negara, Warga Negara, dan Kepindahan Kewarganegaraan

Nama   : Yandra
NPM    : 2C414352
Kelas   : 1 IC12

Pendahuluan
Secara umum, pengertian negara adalah suatu wilayah dipermukaan bumi yang kekuasaannya baik politik, militer, ekonomi, sosial maupun budayanya diatur oleh pemerintah yang berada di wilayah tersebut.
     Negara juga merupakan suatu wilayah yang memiliki suatu sistem atau aturan yang berlaku bagi semua individu di wilayah tersebut, dan berdiri secara independent. Syarat primer sebuah negara adalah memiliki rakyat, memiliki wilayah, dan memiliki pemerintahan yang berdaulat. Sedangkan syarat sekundernya adalah mendapat pengakuan dari negara lain.


Sedangkan warga negara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah penduduk sebuah negara atau bangsa berdasarkan keturunan, tempat kelahiran, dan sebagainya yang mempunyai kewajiban dan hak penuh sebagai seorang warga dari negara itu. Menurut A.S. Hikam, warga negara merupakan terjemahan dari “citizenship” yaitu anggota dari sebuah komunitas yang membentuk negara itu sendiri. Istilah ini menurutnya lebih baik ketimbang istilah kawula negara lebih berarti objek yang berarti orang- orang yang dimiliki dan mengabdi kepada pemiliknya.
Warga Negara Indonesia, setiap orang yang mengaku warga negara indonesia alias WNI harus melihat kembali status kewarganegaraannya apakah memang betul-betul diakui negara sebagai WNI atau tidak. Jika sudah punya Akte Kelahiran WNI, KTP WNI atau pun Paspor Indonesia maka itu berarti sudah diakui secara sah sebagai Warga Negara Indonesia. Ada ketentuan hukum yang mengatur siapa-siapa saja yang secara otomatis diakui sebagai WNI. Berikut ini adalah cara seseorang mendapat kewarganegaraan negara republik indonesia secara otomatis :
1. Seseorang lahir dari ayah atau ibu warga negara indonesia (WNI) di negara mana pun ia dilahirkan ke dunia (asas ius sanguinis). Jika lahir dari hubungan gelap ayah wni dan ibu wna maka jika ayahnya mengakui maka anaknya bisa mendapatkan status wni sebelum anaknya berusia 18 tahun atau belum menikah.
2. Seseorang yang lahir di wilayah negara republik indonesia yang tidak diketahui orangtuanya atau orangtuanya tidak memiliki/tidak jelas kewarganegaraan dari negara mana mana
3. Seorang anak yang belum dewasa yang mempunyai ayah dan ibu yang dikabulkan permintaannya sebagai wni namun karena suatu hal ayah ibunya meninggal dunia sebelum mengucapkan janji setia sebagai warga negara indonesia.
4. Anak di bawah 5 tahun yang secara sah diangkat anak oleh warga negara asing (wna) melalui penetapan pengadilan. Setelah usia 18 tahun atau telah menikah jika punya lebih dari satu kewarganegaraan (bipatride) maka harus memilih salah satu.
Cara untuk mendapat pengakuan status kewarganegaraan negara republik indonesia untuk orang asing yang sudah dewasa :
Bagi warga negara asing (WNA) yang ingin pindah kewarganegaraan menjadi warga negara indonesia (WNI) maka ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi dan berbagai tahapan proses yang perlu dilalui. Beberapa syarat yang perlu dipenuhi adalah :
- umur 18 tahun ke atas
- memiliki pekerjaan tetap
- mempunyai penghasilan tetap
- sudah tinggal menetap di indonesia selama lima tahun berturut-turut atau menetap sepuluh tahun tidak berturut-turut
- bisa berbahasa indonesia
- sehat jasmani rohani
- tidak dalam hukuman pidana
- mengakui pancasila
- mengakui undang-undang dasar 1945
- bersedia melepas kewarganegaraan yang lain selain indonesia
- membayar biaya-biaya administrasi yang ada
- memiliki dokumen-dokumen yang diperlukan
- mengajukan permohonan menjadi warga negara indonesia (wni) ke Presiden melalui Menteri Kementrian Hukum dan HAM RI negara republik indonesia.
Jika seorang wna (warga negara asing) punya isteri atau suami warga negara indonesia (wni) maka syarat-syarat yang diperlukan lebih ringan, yaitu :
- sudah tinggal di indonesia selama lima tahun berturu-turut atau sepuluh tahun tidak berturu-turut.
- secara suka rela melepas status kewarganegaraan asing yang saat ini dimiliki
- memiliki dokumen-dokumen yang diperlukan
- mengajukan permohonan ke Presiden melalui Menteri Kementrian Hukum dan HAM RI
Warga Negara Asing (wna) yang memiliki jasa yang sangat besar terhadap negara atau yang dianggap penting bagi bangsa dan negara bisa diangkat secara khusus menjadi warga negara indonesia (wna) tanpa banyak melalui tahapan-tahapan resmi yang berlaku. Jika orang tersebut masih tercatat sebagai warga negara lain, maka orang tersebut harus bersedia melepas kewarganegaraan non indonesianya secara sukarela. Kewarganegaraan indonesia diberikan lewat Keputusan Presiden RI setelah mendapat persetujuan DPR RI.

Permasalahan
             Budi, ia adalah warga negara Indonesia sejak lahir. Sejak umur 23 tahun ia berkerja dan menempuh S2 di negara Singapura, setelah berusia 26 tahun ia memutuskan ingin berpindah kewarganegaraan menjadi warga negara Seribu Satu Larangan itu karena ia ingin membuka usaha dan menetap disana.
            Banyak persyaratan dan ketentuan yang harus di lakukan Budi untuk berpindah kewarga negaraan dari negara Indonesia ke negara lain atau dalam kasus ini Singapura. Di setiap negara mempunyai ketentuan dan persyaratan yang berbeda dari negara lain untuk menjadi warga negaranya secara sah.

Pembahasan
Lalu bagaimana persyaratan dan ketentuan untuk seseorang yang ingin berpindah kewarganegaraan dari Indonesia menjadi Singapura? Prosedur dan persyaratannya dapat menghubungi Imigrasi Singapura ke Immigration and Checkpoints Authoriy (ICA) atau klik situs ICA Singapura berikut ini
Setelah mendapatkan persetujuan dari ICA, Budi juga perlu mendapatkan pengesahan dan persetujuan dari KBRI Singapura. Kemudian melakukan langkah sebagai berikut:
1. Mendaftarkan diri untuk mendapatkan surat deklarasi dari Notaris Publik Singapura. Untuk mendapatkan surat deklarasi tersebut dibutuhkan yaitu surat persetujuan dari Imigrasi Singapura (ICA), Paspor, SKBRI, KTP, Kartu Keluarga.
2. Surat deklarasi harus dilegalisir terlebih dahulu oleh Singapore Academy of Law di 3 St. Andrew’s Road, Lt.3 City Hall Building, Singapore 178958, Telepon: (65) 63324388, Faksimili: (65) 63344940.
3. Menyerahkan aplikasi kepada bagian Konsuler di KBRI Singapura dengan melampirkan dokumen berikut:
Surat asli deklarasi pelepasan kewarganegaraan Indonesia dari Notaris Publik Singapura, Salinan surat persetujuan dari Imigrasi Singapura (ICA), Akte Kelahiran asli, Paspor asli, SKBRI asli, KTP asli, Salinan KTP istri/suami (jika sudah menikah), Salinan Akte Pernikahan (jika sudah menikah). Waktu pemrosesan pelepasan kewarganegaraan di KBRI Singapura adalah 5 (lima) hari kerja. Biaya legalisasi dokumen pelepasan WNI : SGD $ 34.00.
Alamat Korespondensi:
Protokol dan Konsuler

The Embassy of the Republic of Indonesia

7 Chatsworth Road

Singapore 249761

Telepon
65-6839 5403 (Konsuler)
65-6839 5429 (Konsuler)

Faksmili
65-6734 7552 (Protokol dan Konsul



Kesimpulan dan Saran
Menurut Bertha Talita, yang namanya kewarganegaraan bukanlah hal yang sakral apalagi nature dari manusia. Ketika manusia lahir ke bumi, kita tidak bisa memilih atau meminta kepada Tuhan untuk dilahirkan oleh siapa dan menjadi warga negara mana.
Jadi bernegara bukanlah hal absolut dan impersonal yang harus diimplan dengan segala cara ke dalam kehidupan tiap individu. Maka dari itu berpindah-pindah warga negara merupakan sebuah pilihan yang bisa kita ambil atau tinggalkan. Tidak ada salahnya kita mau pindah kewarganegaraan, dan mengapa harus dibebani dengan slogan nasionalisme, cinta tanah air, kampung halaman, pusaka tumpah darah, dan sebagainya.
Sekali lagi ini pilihan, jadi apapun pilihannya itu tergantung keputusan dari diri pribadi, dan setiap keputusan yang diambil pastinya ada konsekuensi dan risiko. 
Adapun jika kita hendak pindah ke negara selain Singapura, bisa mendatangi kedutaan besar negara yang akan dituju, atau mencari informasi melalui situs-situs KBRI di beberapa negara yang mempunyai hubungan diplomatik dengan Indonesia.

DAFTAR PUSTAKA

Admin (2014). Pengertian Warga Negara Menurut Para Ahli. From http://dilihatya.com/935/pengertian-warga-negara-menurut-para-ahli, 6 Oktober 2014.

Bertha Talita (2011). Melepas Kewarganegaraan Republik Indonesia. From http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2011/06/24/melepaskan-kewarganegaraan-republik-indonesia-373889.html, 6 Oktober 2014.

Godam64 (2012). Cara Mendapatkan Status Kewarganegaraan Indonesia Menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). From http://www.organisasi.org/1970/01/cara-mendapatkan-status-kewarganegaraan-indonesia-menjadi-warga-negara-indonesia-wni.html, 9 Oktober 2014.

Kemdikbud (2014). Warga Negara. From http://kbbi.web.id/warga+negara, 12 Oktober 2014. 

Wikipedia Bahasa Indonesia 9(2014). Negara. From  http://id.wikipedia.org/wiki/Negara, 12 Oktober 2014.


0 komentar :

Post a Comment