31/01/2015

Cuma di Universitas Gunadarma

Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia, Universitas Gunadarma  memiliki peran yang penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Universitas Gunadarma juga memiliki visi untuk menjadi Universitas berbasis Teknologi Informasi yang terkemuka di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan mencetak sarjana – sarjana muda dari berbagai latar belakang menjadi sarjana yang bermanfaat bagi nusa maupun bangsa.

Dalam menghasilkan sarjana muda yang berkualitas, Universitas Gunadarma telah menyumbangkan kontribusi yang besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Berikut beberapa langkah UG (Universitas Gunadarma) dalam mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya untuk mencerdaskan mahasiswa aktifnya.
1.      Arti dari Lambang Universitas Gunadarma
Keinginan Gunadarma dalam ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan merupakan impian besar Gundar yang semuanya itu disimbolkan menjadi Lambang Universitas Gunadarama.


Upaya itu tersirat di Lambang Universitas Gunadarma yang memiliki arti dan juga makna khusus. Berikut ini adalah arti dari Lambang Universitas Gunadarma:
·         Tangkai Obor Berdiri Tegak
Merupakan lambang dari keteguhan hati untuk menyumbangkan dharma bakti kepada Nusa dan Bangsa.
·         Cawan Obor yang Lebar dan Cekung
Memiliki arti dari ilmu pengetahuan yang luas dan mendalam.
·         Kobaran Api
Adalah lambang dari semangat juang yang tak pernah padam dalam menuntut ilmu serta mengabdi pada masyarakat.
·         Lingkaran Berwarna Ungu
Merupakan bentuk geometris yang mencirikan ilmu pengetahuan yang ditekuni dan dikembangkan.
·         Bingkai Segi Lima
Melambangkan Universitas Gunadarma yang berazaskan lima sila Pancasila.

2. Serba Mobile
Sebagai Universitas yang berbasis Teknologi Informatika. Gundar atau Gunadarma sangat terkenal dalam bidang IT nya. Hal tersebut terlihat saat mahasiswa ingin melihat jadwal perkuliahan, jadwal praktikum, nilai, kegiatan kampus, workshop/kursus, dll. Sebagai contoh adalah kalender akademik yang terdiri dari jadwal perkuliahan, jadwal pengisian dan pengambilan KRS, jadwal Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS), pengurusan cuti akademik, Jadwal Ujian Negara/Ujian Utama yang dapat di akses melalui website resmi berikut ini
Tak ayal Gunadarma memberikan smartphone secara gratis untuk setiap mahasiswanya dan di masing – masing smartphone yang di berikan tersebut telah dilengkapi aplikasi khusus yaitu UGInYourHand untuk mempermudah melihat seluruh kegiatan perkuliahan di Universitas Gunadarma.

Tak hanya itu, setiap mahasiswa juga harus memiliki blog pribadi untuk mengerjakan/mempostingkan beberapa tugas yang diberikan dosen ke dalam blog dan juga mengirimkan tugas melalui e-mail. Informasi merupakan hal penting dalam perkuliahan Gunadarma, seluruh mahasiswa harus pintar - pintar dalam mencari informasi mengenai kegiatan perkuliahannya masing - masing karena jikalau informasi penting terlewatkan, itu sangat merugikan diri sendiri nantinya.

3. Waktu Perkuliahan
Dalam sehari, waktu perkuliahan di Universitas Gunadarma dibagi menjadi empat belas (14) jam. Waktu kuliah yang memilih kelas pagi akan dimulai dari jam ke-1 s/d jam ke-10 (07.30-17.30) sedangkan untuk waktu kuliah di kelas malam akan dimulai dari jam ke-11 s/d jam ke-14 (17.30-21.30).
Ada 3 hal yang perlu diingat saat ingin memasuki kampus Universitas Gunadarma Kampus J, yaitu jangan pernah memakai sandal, celana pendek dan juga menanyakan kantin di J1 ada dimana karena itu cuma bikin anda jadi “malu sendiri”.
Saat memasuki jam perkuliahan, dosen yang masuk kelas tentu memiliki peraturan serta juga mekanisme pengajaran yang berbeda-beda. Dari pengalaman selama kuliah di Gunadarma ada beberapa dosen dengan 2 jam waktu  mengejar yang cuma menggunakan 1 jam untuk menyampaikan materi yang diberikan samapi selesai dan ada juga dosen yang hanya mendengarkan presentasi mahasiswa dengan menggunakan OHP (Overhand Projector), Makalah, maupun Presentasi dengan Video namun ada juga dosen yang full ngejar sesuai waktu kuliah selesai. Mahasiswa diharapkan tidak hanya mengandalkan pelajaran atau materi yang di berikan dosen namun dapat mendalaminya di luar jam kuliah.
Saat jam matakuliah berakhir, ruang kelas yang tadi ditempati saat itu akan berubah saat matakuliah lain. Jadi jangan heran kalau ruang kelas selalu berubah disetiap pergantian jam matakuliah tertentu. Tidak hanya ruangan kelas yang selalu berubah – ubah, bahkan dihari yang sama mahasiswa dapat berpindah kampus. Karena kampus J (kalimalang) memiliki 4 kampus penunjang lainnya. Jadi ketika terdaftar sebagai mahasiswa Gunadarma yang memilih lokasi kampus J, kalian harus bersiap – siap untuk wara – wiri untuk “ngampus”. Tidak heran jika mahasiswa Universitas Gunadarma diharuskan cerdas dalam mengatur waktunya sendri. Hal ini tentunya untuk menjadikan mahasiswa dapat lebih mandiri, dapat mengatur waktu serta memiliki kepercayaan diri yang baik saat presentasi didepan kelas/umum dan juga disiplin.

4. Mahasiswa yang Mandiri
Kegiatan perkuliahan Universitas Gunadarma dilaksanakan di berbagai lokasi dan kampus yang berbeda, berikut ini kampus yang dimiliki Gundar:
1.      Kampus A (Kenari): Jl. Kenari  No. 13, Jakarta Pusat
2.      Kampus B (Salemba): Jl. Salemba Bluntas No. 2, Jakarta Pusat
3.      Kampus C (Salemba): Jl. Salemba Raya No. 53, Jakarta Pusat
4.      Kampus D (Depok): Jl. Margonda Raya 100, Depok (pusat dari semua kampus UG)
5.      Kampus E (Kelapa Dua): Jl. Akses UI Kelapa Dua, Cimanggis
6.      Kampus G (Prapatan): Jl. Akses UI Kelapa Dua, Cimanggis
7.      Kampus H: Jl. Akses Kelapa Dua, Cimanggis
8.      Kampus J/J1 (Ex. Mall Duta Plaza): Jl. KH. Noer Ali, Kalimalang, Bekasi
9.      Kampus J2 (Dekat kolam berenang Jakasampurna): Jl. KH. Noer Ali, Kalimalang, Bekasi
10.  Kampus J3 (Kalimas): Jl. Inspeksi Saluran Kalimalang, Bekasi
11.  Kampus J4 (Kemang Pratama): Kemang Pratama I Blok MM No. 12, Bekasi
12.  Kampus J5 (Cakung): Jl. Stasiun Cakung, Jakarta Timur
13.  Kampus K (Karawaci): Jl. Danau Kelapa Dua, Karawaci
14.  Kampus L (Kamal): City Resort No. 75 Jl. Raya Kamal Outring Road Cengkareng

Khusus bagi mahasiswa yang berada di kampus J (Kalimalang), mungkin saat pertama kali “ngampus” di Gunadarma atau saat PPSPPT (Pengenalan Program Studi dan Program Perguruan Tinggi) akan diberi tahu letak dan lokasi seluruh kampus J. Kampus J itu sendiri memiliki 4 kampus penunjang lainnya yaitu, kampus J2, kampus J3 (Kalimas), kampus J4 (Kemang), dan yang terakhir adalah kampus J5 (Cakung).
Karena banyaknya kampus yang dimiliki Gundar ini yang membuat mahasiswa maupun mahasiswinya itu mandiri, dalam hal ini adalah ketika mahasiswa mendapatkan jadwal waktu perkuliahan dan praktikum yang berada di luar kampus utama. Sebagai contoh, saat mendapatkan jadwal praktikum Lab Fisika di J1 (Bekasi),  dan di hari yang sama  mendapatkan jadwal praktikum Lab TI ke kampus D (Depok). Butuh perjuangan untuk hadir di praktikum Lab Fisika maupun Lab TI di hari yang sama namun pada tempat yang jauh berbeda. Kebayangkan jadi mahasiswa Universitas Gunadarma ?
Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa mahasiswa dan mahasiswi Gundar mempunyai semangat juang yang luar biasa untuk “ngampus”, disiplin waktu, dan juga mandiri tentunya.

5.  Membuat Laporan
Dari awal perkuliahan, terdapat beberapa praktikum yang terdapat di SKS (Satuan Kredit Semester) yang di ambil dan hal wajib yang harus dibawa saat praktikum adalah Laporan Praktikum (LP) dan membuat Laporan Akhir Praktikum (LA) di akhir praktikum.
Untuk mengerjakan Laporan Praktikum (LP) setiap mahasiswa di haruskan mematuhi ketentuan - ketentuan dan aturan -aturan dalam membuat LP dari setiap Lab karena setiap Lab mempunyai kentuan berbeda – beda saat membuat LP nya. Contohnya adalah dalam membuat LP Lab Fisika, setiap mahasiswa di haruskan menggenakan baju formal (berkerah) serta celana bukan dari celana jeans dan menggunakan sepatu tertutup. Untuk LP nya sendri harus menggunakan kertas kuarto yang memiliki garis tepi dengan ukuran tertentu, di tulis tangan dengan pulpen biru, dan juga LA harus di jilid.

Menikmati dikejar deadline dalam membuat setiap laporan merupakan hal yang luar biasa hebat yang pasti dirasakan hampir seluruh mahasiswa Gundar, apalagi LP yang dibuat itu sampai revisi ulang/ngulang praktikum. 
Dari setiap Laporan Preaktikum yang dibuat tentu mempunyai tujuan khusus yaitu untuk membiasakan diri setiap mahasiswa agar terbiasa dalam membuat setiap laporan. Membuat laporan juga dapat melatih mahasiswa agar dapat mengerjakan PI (Penulisan Ilmiah) atau menyusun Skripsi di akhir semester nanti.

6. Mengadakan Lomba
Salah satu usaha atau upaya Universitas Gunadarma dalam membangun kretifitas dan mengasah kecerdasan mahasiswanya adalah dengan membuat berbagai lomba secara rutin yang dikhususkan hanya untuk mahasiswa yang aktif sebagai Mahasiswa Universitas Gunadarma.

Kali ini Universitas Gunadarma menyelenggarakan lomba untuk jenjang D3 dan S1 dengan persyaratan dan tatacara tertentu. Berikut lomba yang diadakan oleh Gundar:
·         Lomba video dan film independen di majalah online
·         Lomba foto di majalah online
·         Lomba menulis artikel blog pribadi
·         Lomba menulis artikel majalah online
Dengan langkah ini diharapkan mahasiswa dapat menyalurkan hobinya ke arah yang lebih positif serta membagi semangat dalam berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Termasuk mimin yang berharap artikelnya ini jadi yang “terbaik” dari yang terbaik. Amin. Hehehe. 

KESIMPULAN
Dari ulasan di atas, peran UG dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dapat dilihat dari metode – metode pengajaran yang diterapkan oleh UG untuk mencetak lulusan yang dapat bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan. 
Menjadikan Program Studi yang ada sebagai Program Pendidikan Unggulan masa depan yang berbasis Teknologi Informasi dan mampu menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang relevan dengan tuntutan kebutuhan pembangunan Bangsa dan Negara merupakan Tujuan Universitas Gunadarma.

0 komentar :

Post a Comment