16/01/2015

Tugas Ilmu Sosial Dasar (ISD) Part 4 Universitas Gunadarma

Nama: Yandra
NPM: 2C414352
Kelas: 1IC12

1. Carilah cerita atau legenda nusantara atau dunia yang membahas tentang pertentangan sosial
- dari cerita tersebut masalah sosial apa yang akan anda bahas.
- carilah solusi dari masalah sosial tersebut
- pelajaran apa yang anda ambil dari masalah sosial dalam cerita tersebut
2. Carilah tokoh yang menginspirasi anda karena kepeduliannya terhadap kehidupan sosial.
- Berilah alasan mengapa tokoh tersebut menginspirasi anda.
3. Berilah satu contoh jenis teknologi yang menurut anda amat sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat indonesia lalu berilah alasannya.
- Berilah satu contoh jenis teknologi yang pembuatannya justru mendatangkan kerugian bagi masyarakat khususnya masyarakat indonesia, lalu jelaskan alasannya mengapa teknologi tersebut justru mendatangkan kerugian.
4. Berilah satu jenis contoh projek atau usaha yang dapat anda lakukan untuk membuat pemuda si indonesia menjadi pemud yang kreatif.
5. Antara lingkungan keluarga, teman, dan kampus mana yang lebih nyaman menurut anda, lalu berilah alasannya.
- jelaskan arti penting masing-masing arti penting bagi hidup anda dari ketiga lingkungan tersebut.

ULASAN:

1. Kasus  Munir (Munir Said Thalib Al-Kathiri) 
Munir Said Thalib Al-Kathiri (lahir di Malang, Jawa Timur, 8 Desember 1965) adalah pria keturunan Arab yang juga seorang aktivis HAM Indonesia. Jabatan terakhirnya adalah Direktur Eksekutif Lembaga Pemantau Hak Asasi Manusia Indonesia Imparsial. Saat menjabat Dewan Kontras namanya melambung sebagai seorang pejuang bagi orang-orang hilang yang diculik pada masa itu. Ketika itu dia membela para aktivis yang menjadi korban penculikan Tim Mawar dari Kopassus. Setelah Soeharto jatuh, penculikan itu menjadi alasan pencopotan Danjen Kopassus Prabowo Subianto dan diadilinya para anggota tim Mawar.
Tugas Ilmu Sosial Dasar (ISD) Part 4 Universitas Gunadarma
Kronologis kematian Munir dimulai pada 6 September 2004 malam, Munir Said Thalib berada di lobi Bandara Soekarno Hatta. Dia akan berangkat untuk melanjutkan studi S2 hukum humaniter di Universitas Utrecht, Belanda. Pukul 21.30 WIB, pesawat lepas landas. Munir bertemu Pollycarpus Budihari Priyanto, pilot Garuda yang biasa dipanggil Polly. Status Polly dalam penerbangan ini adalah extra crew, yaitu kru yang terbang sebagai penumpang dan akan bekerja untuk tugas lain. Sebelum pesawat tinggal landas, di kelas bisnis, Yeti Susmiarti menyajikan welcome drink. Penumpang diminta mengambil gelas berisi sampanye, jus jeruk, atau jus apel. Munir memilih jus jeruk. Semua layanan itu disajikan Yeti sendiri, dengan bantuan Oedi Irianto, pramugara senior, yang menyiapkan segala keperluannya di pantry. Sekitar 15 menit setelah tinggal landas, pramugari menawarkan beberapa pilihan makanan dalam kemasan yang masih panas di atas nampan. Di kursi 3K, Munir memilih mi goreng. Selesai mi, Yeti kembali memberi tawaran minuman, kali ini lebih banyak pilihan daripada welcome drink. Munir kembali memilih jus jeruk.

Pesawat GA 974 transit di Bandara Changi, Singapura pukul 00.40 waktu setempat. Di Bandara Changi, Munir berkenalan dengan dr. Tarmizi dari Rumah Sakit Harapan Kita. Pesawat tinggal landas dari Changi pukul 01.53 waktu setempat. Munir meminta obat Promag ke pramugari Tia, namun obat yang diminta tidak tersedia. Kemudian Munir meminta teh hangat. Tia pun menyajikan teh panas yang dituangkan dari teko ke gelas di atas troli lengkap dengan gula 1 sachet. Sekitar 30 menit setelah tinggal landas, untuk pertama kalinya Munir pergi ke toilet. Tiga jam sudah pesawat itu terbang dan Munir semakin sering pergi ke toilet. Dia mengeluhkan sakit perut dan muntaber kepada pramugara Bondan Hernawa, serta memintanya memanggilkan dr. Tarmizi yang duduk di kelas bisnis. Dokter itu pun memeriksa Munir dan ia mendapati denyut nadi di pergelangan tangan Munir lemah karena kekurangan cairan akibat muntaber. Si dokter pun mengambil obat dari tasnya sendiri karena Doctor’s Emergency Kit yang dimiliki pesawat sangat minim. Dia memberi Munir obat diare New Diatabs serta obat mual dan perih kembung Zantacts dan Promag. Dua tablet untuk yang pertama dan masing-masing satu tablet untuk dua terakhir. Dr. Tarmizi lalu meminta seorang pramugari membuatkan teh manis dengan sedikit tambahan garam di dalamnya. Namun, lima menit setelah meminum teh hangat itu, Munir kembali ke toilet. Kemudian dr. Tarmizi menyuntikan cairan Primperam, obat antimual dan muntah ke Munir dan ia pun tertidur selama 2-3 jam. Setelah terbangun, Munir kembali ke toilet. Kali ini dia agak lama, sekitar 10 menit, ternyata Munir telah terjatuh lemas di toilet.

Dua jam sebelum pesawat mendarat, Tarmizi melihat keadaan Munir dengan mulutnya mengeluarkan air yang tidak berbusa dan kedua telapak tangannya membiru. Munir meninggal dunia di pesawat, di atas langit Negara Rumania pada tanggal 7 September 2004.
Pada tanggal 12 November 2004 dikeluarkan kabar bahwa polisi Belanda (Institut Forensik Belanda) menemukan jejak-jejak senyawa arsenikum (bahan metaloid yang terkenal beracun) setelah otopsi. Hal ini juga dikonfirmasi oleh polisi Indonesia.

25 Januari 2008 dalam Putusan PK Mahkamah Agung menjatuhkan hukuman 14 tahun kepada Pollycarpus Budihari Priyanto atas pembunuhan terhadap Munir. Hakim menyatakan bahwa Pollycarpus, seorang pilot Garuda yang sedang cuti, menaruh arsenik di makanan Munir, karena dia ingin mendiamkan pengkritik pemerintah tersebut. Hakim Cicut Sutiarso menyatakan bahwa sebelum pembunuhan Pollycarpus menerima beberapa panggilan telepon dari sebuah telepon yang terdaftar oleh agen intelijen senior, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut. Selain itu Presiden Susilo juga membentuk tim investigasi independen, namun hasil penyelidikan tim tersebut tidak pernah diterbitkan ke publik.

Pada 19 Juni 2008, Mayjen (purn) Muchdi Pr, yang kebetulan juga orang dekat Prabowo Subianto dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, ditangkap dengan dugaan kuat bahwa dia adalah otak pembunuhan Munir. Beragam bukti kuat dan kesaksian mengarah padanya. Namun, pada 31 Desember 2008, Muchdi divonis bebas. Vonis ini sangat kontroversial dan kasus ini tengah ditinjau ulang, serta 3 hakim yang memvonisnya bebas kini tengah diperiksa.
- Masalah Sosial
Adapun masalah sosial yang terdapat di kasus/cerita tersebut adalah lambatnya proses penyelidikan yang dilakukan kepolisian terkait atas kasus kematian Munir serta adanya indikasi unsur pribadi yang akhirnya menyangkut sebuah instansi. Munir yang merupakan salah satu tokoh penting yang sangat vokal dalam pergerakan Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia. Sejak 2004 saat Munir meninggal, baru pada tahun 2008 Hakim menjatuhkan hukuman kepada tersangka Pollycarpus Budihari Priyanto dan tersangka lainnya.
- Solusi
Berkat Suciwati & KASUM yang melaporkan masalah Munir ini ke Kongres AS dan Dewan HAM PBB. Kasus kematian Munir pun di usut secara serius dengan bantuan AS dan Dewan HAM PBB. Berikut reaksi dunia internasional maupun Indonesia:

  • Kapolri Jendral Pol Sutanto melakukan kerjasama dengan FBI dalam Investigasi kasus Munir
  • Presiden menunjukkan keseriusannya dengan membentuk tim investigasi dari pihak kepresidenan.
  • Hidayat Nur Wahid (ketua MPR) menyatakan bahwa pihak pemerintah RI akan sangat serius dalam menangani kasus Munir.
  • Kesediaan AS, Belanda dan Philip Alston, Special Rapporteur on Extrajudicial killing Dewan HAM PBB untuk terlibat dalam Tim Investigasi kasus pembunuhan munir.
  • Belanda melakukan Boikot terhadap ekspor militernya (kapal korvet) ke Indonesia.
  • Banyak demo simpati yang digelar oleh negara – negara tetangga seperti Thailand dan Filipina.
Hasilnya, pada 25 Desember 2008 Pollycarpus Budihari Priyanto resmi dijatuhi vonis 14 tahun hukuman penjara atas pembunuhan terhadap Munir. Pada 19 Juni 2008, Mayjen (purn) Muchdi Pr pun juga ditangkap dengan dugaan kuat bahwa dia adalah otak pembunuhan Munir.
- Kesimpulan
Berikut beberapa pelajaran yang dapat di ambil dari kasus ini:

  • Indonesia sebagai salah satu anggota Dewan HAM di PBB seharusnya lebih memperhatikan dengan serius dalam permasalahan HAM di Indonesia, agar citra Indonesia tidak dianggap negatif oleh dunia Internasional.
  • Penegakan Hukum yang tidak pandak bulu.
  • Kebebasan dalam berorganisasi serta berperan aktif dalam menegakan HAM atau kehidupan sosial
  • Pembunuhan Munir merupakan acuan bagi pemerintah RI untuk memantau lembaga – lembaganya, terutama lembaga intelejen agar tidak menyalahgunakan wewenangnya.
2. BILL GATES
William Henry Gates III atau lebih terkenal dengan sebutan Bill Gates, lahir di Seatle, Washington pada tanggal 28 Oktober 1955. Ayah Bill, Bill Gates Jr., bekerja di sebuah firma hukum sebagai seorang pengacara dan ibunya, Mary, adalah seorang mantan guru. Bill adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Sejak kecil Bill mempunyai hobi “hiking”,bahkan hingga kini pun kegiatan ini masih sering dilakukannya bila ia sedang “berpikir”.
Tugas Ilmu Sosial Dasar (ISD) Part 4 Universitas Gunadarma
Bill kecil mampu dengan mudah melewati masa sekolah dasar dengan nilai sangat memuaskan, kemampuan komputer Bill Gates sudah diakui sejak dia masih bersekolah di Lakeside. Pembuatan program sistem pembayaran untuk Information Science Inc, merupakan bisnis pertamanya. Kemudian bersama Paul Ellen mendirikan perusahaan pertama mereka yang disebut Traf-O-Data. 
Musim gugur 1973, Bill Gates berangkat menuju Harvard University dan terdaftar sebagai siswa fakultas hukum. Bill mampu dengan baik mengikuti kuliah, namun sama seperti ketika di SMA, perhatiannya segera beralih ke komputer. Selama di Harvard, hubungannya dengan Allen tetap dekat. Bill dikenal sebagai seorang jenius di Harvard. Bahkan salah seorang guru Bill mengatakan bahwa Bill adalah programmer yang luar biasa jenius, namun seorang manusia yang menyebalkan. Setahun kemudian Bill Gates meninggalkan Harvard dan mendirikan microsoft bersama sahabatnya Paul Allen.

Semangat Allen dan Gates tidak percuma. Kini Bill Gates merupakan salah satu orang terkaya di dunia itu juga ikut serta dalam kampanye kemanusiaan untuk menyelamatkan banyak nyawa di penjuru dunia akibat tiga penyakit maut yaitu AIDS, TBC dan malaria. "Kini saat-saat yang sulit, namun bukan alasan untuk memotong bantuan bagi yang paling kesusahan di dunia," kata Gates yang merupakan pendiri organisasi The Global Fund bersama istrinya.
- Alasan
1. Bill Gates merupakan sosok yang baik dan juga setia kawan.
2. Bill Gates merupakan orang yang pintar, cerdas, dan juga pandai dalam mengambil peluang.
3. Bill Gates selalu sungguh-sungguh dalam mengejar impiannya.
4. Bill Gates merupakan orang yang sederhana dan juga dermawan.
5. Bill Gates selalu mendengarkan setiap kritik dan komentar dari para pelanggannya.

3. Teknologi yang Sangat Bermanfaat
- Headphone
Kehidupan manusia sehari-hari tidak terlepas dari kebutuhan untuk berkomunikasi antara yang satu dengan yang lain. Headphone merupakan alat komunikasi yang tidak menggunakan kabel dan dapat dibawa kemana saja. Handphone sangat bermanfaat atau sangat mempermudah manusia untuk berkomunikasi karena dengan menggunakan Handphone kita dapat berinteraksi secara langsung dengan lawan bicara kita tanpa perlu bertatap muka langsung dengan lawan bicara kita, dimana pun dan sejauh apa-pun lawan bicara kita, kita dapat bertukar informasi secara mudah.

Teknologi yang Merugikan
- Internet

  • Kejahatan dan Penipuan
Salah satu dampak negatif internet adalah sebagai wadah untuk berbuat kejahatan dan penipuan secara terselubung. Banyak sekali orang yang tertipu terhadap toko online palsu ataupun kejahatan secara fisik yang memanfaatkan situs jejaring sosial sebagai sarana mereka.

  • Informasi Yang Tak Terfilter
Sebagai wadah yang menyediakan akses informasi yang tak terbatas membuat informasi yang tersedia di internet berbaur antara informasi yang bermanfaat dan tidak membawa manfaat. Beberapa informasi yang tidak bermanfaat yang terkadang membawa pengaruh buruk bagi pengguna antara lain informasi yang bersifat pornografi, situs perjudian, kekerasan hingga informasi yang menyesatkan.

  • Internet Menyebabkan Kecenderungan
Banyak sekali pengguna internet yang rela menghabiskan waktu hingga seharian untuk ber-facebook ria, bermain game online dll. Kecenderungan akan internet dapat membuat orang menjadi lupa waktu serta menjadi malas. Tidak heran dewasa ini banyak sekali cafe internet ataupun warnet yang memasang tarif internet murah untuk penggunaan selama beberapa jam secara langsung.

  • Dampak Buruk Bagi Kesehatan
Banyak sekali orang yang tidak menyadari, terutama bagi mereka yang duduk berlama – lama menggunakan komputer dan internet dapat membawa dampak buruk terhadap kesehatan mereka, terutama jantung, mata dan aliran darah pada tubuh.

  • Keterbatasan Pergaulan Sosial
Banyak sekali anak muda saat ini -terutama yang masih sekolah- menghabiskan waktu mereka pada saat pulang sekolah ataupun pada akhir pekan untuk bermain internet sepanjang hari. Kecenderungan yang berat pada internet dapat berakibat pada keterbatasan pergaulan sosial secara fisik. Oleh karena itu penting bagi orang tua agar dapat menasehati secara tegas agar anak mereka tidak terjerumus pada kecenderungan internet yang parah.

4. Membuat Pemuda di Indonesia Menjadi Pemuda yang Kreatif
Usaha untuk membuat pemuda yang kreatif di Indonesia adalah dengan membentuk mental dan juga semangat pemuda yang berani untuk berekspresi serta berani mengeksekusi segala ide yang ada tanpa memikirkan kata gagal. Untuk membentuk mental seperti ini, peran pemerintah untuk memfasilitasi dan memberi kebebasan berekspresi secara positif seperti memberi ruang khusus untuk para pelukis jalanan untuk menuangkan ide dan kreatifitas mereka bukannya di tangkap dan di rehabilitasi.  Faktor lingkungan juga sangat penting untuk memberi dukungan secara materi maupun moral kepada pemuda di Indonesia agar dapat mengembangkan kreatifitas mereka secara positif.

5. Antara lingkungan keluarga, teman dan kampus. 
Menurut saya yang paling nyaman adalah lingkungan keluarga karena keluarga merupakan tempat awal kehidupan dan juga awal membuat kepribadian, karakter, serta moral manusia sejak dini. Di lingkungan keluarga yang harmonis juga dapat menjadi faktor penting dalam menentukan kebahagian seseorang.

  • Lingkungan Keluarga
Lingkungan Keluarga memiliki arti serta peran penting dalam membentuk maupun mengubah kepribadian, karakter, etika, moral, serta pola pikir seseorang. Keluarga juga dapat menjadi tempat untuk berbagi maupun berdiskusi antara anak dan orangtua.

  • Lingkungan Teman
Lingkungan Teman juga memiliki peran yang penting. Di lingkungan teman kita dapat bersosialisasi atau bergaul dengan orang lain tanpa terkecuali, namun lingkungan teman dapat membawa dampak yang negatif maupun positif, ini kembali kepada kepribadian seseorang untuk memfilter atau menyaring dampak – dampak yang ada di lingkungan teman. Lingkungan teman juga dapat menjadi tempat saat menghadapi kesulitan yang tidak dapat di tangani sendiri.

  • Lingkungan Kampus
Lingkungan kampus merupakan tempat untuk berkompetisi secara akademis demi mencapai sebuah gelar, selain itu lingkungan kampus juga di jadikan tempat untuk berbagi masalah dan solusi seputar perkuliahan sehari-hari. Lingkungan kampus juga sebagai tempat untuk menambah wawasan lebih dari berbagai bidang yang dapat di peroleh dari sesama mahasiswa.

0 komentar :

Post a Comment