22/06/2015

Cara Mengukur Kecepatan dan Kinerja Laman dengan Google PageSpeed Insights

Google PageSpeed Insights merupakan salah satu produk kembangan Google Developers yang berfungsi untuk mengukur kinerja laman baik untuk perangkat seluler dan juga perangkat desktop. Alat ini mengambil URL dua kali, yang satu melihat laman dari pengguna seluler/mobile, dan yang satunya dengan melihat penggunaan laman dari desktop/personal computer.
Google PageSpeed Insights
Berikut ini cara memulai Google PageSpeed Insights pada Dasbor Blogger Anda:
1. Login pada Blog Anda, pastikan anda berada di Ikhtisar. Kemudian pada kolom kanan bawah  terdapat Panduan Blogger pilih Buka Alat Webmaster .

2. Laman Webmaster akan terbuka di tab baru, pada laman Webmaster pilih Sumber Daya Lainnya kemudian klik PageSpeed Insights.
3. Anda akan teralih ke Laman Google PageSpeed Insights, masukan URL Laman Web anda kemudian klik Analisis. Tunggu hingga proses menganalisis selesai. Berikut hasil analisis untuk Kasak-Kusuk.


*Bagi Anda yang kesulitan dengan langkah di atas, Anda dapat langsung ke laman Google PageSpeed Insights dengan klik di sini
Skor PageSpeed berkisar antara 0 sampai 100 poin. Semakin tinggi skor yang di dapat maka semakin baik, dan skor 85 atau lebih menunjukkan bahwa laman bekerja dengan baik. Harap diperhatikan bahwa PageSpeed Insights terus disempurnakan, sehingga skor akan berubah saat pihak Google menambahkan aturan baru atau meningkatkan analisis.
Namun, karena kinerja sambungan jaringan sangat bervariasi, PageSpeed Insights hanya mempertimbangkan aspek kinerja laman yang tidak terkait dengan jaringan: konfigurasi server, struktur HTML laman, dan penggunaan sumber daya eksternalnya seperti gambar, JavaScript, dan CSS. Menerapkan saran seharusnya akan meningkatkan kinerja laman secara relatif. Akan tetapi, keseluruhan kinerja laman masih akan tergantung pada sambungan jaringan pengguna.
Setiap saran dinilai dengan indikator prioritas untuk menunjukkan tingkat kepentingannya:
  • tanda seru merah = Memperbaiki hal ini akan memberi dampak signifikan pada kinerja laman.
  • tanda seru kuning =  Pertimbangkan untuk memperbaiki hal ini jika tidak memerlukan kerja yang berat.
  • tanda centang hijau = Tidak ditemukan masalah yang signifikan. Bagus!
Untuk memperbaiki kondisi tanda seru merah atau kuning dengan klik Tampilkan cara memperbaiki, maka anda akan mendapatkan hal-hal apa saja yang harus diperbaiki dan sebaiknya diperbaiki. Bila anda kesulitan, silahkan baca ketentuan yang ada di atas script yang harus diperbaiki atau sebaiknya diperbaiki.

18 comments :

  1. Thanx gan, sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  2. Oh jadi gitu caranya ngecek loading web kita, ty gan pengetahuannya

    midleman.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. bisa di coba nih, buat mengukur kecepatan blog saya

    ReplyDelete
  4. setelah cek dengan cara di atas blog ane masih kurang fasted..
    trimakasih infonya bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waa, mesti diperbaiki itu gan.
      ok sama-sama (y)

      Delete
  5. baru tahu kalo ada tips yang kayak gini gan, maklum newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga membantu dan bermanfaat gan (y)

      Delete
  6. Replies
    1. sama-sama gan, menurut saya ini cukup akurat. karena Google PageSpeed Insights ini telah menyediakan script yang harus di perbaiki, di tambah cara memperbaikinya yang cukup membantu secara detail.

      Delete
  7. Nice info gan, tak coba dulu caranya hehee

    ReplyDelete
  8. habis saya ukur kecepatan...saya bingung mengoptimalkan nya..nggak ngerti caranya..ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh mastah :D
      setau saya cara ngoptimalinnya bisa dg ngapus script yang di tampilin Google PageSpeed Insights, tapi kalo file yang di tunjuk itu gambar berarti harus di kompres. untuk script yang jenisnya JavaScript (.js) mesti hati2 buat ngapusnya soalnya bisa ngaruh sama widget yang kita pakai.

      Delete