17/07/2015

Pengenalan Bahasa BASIC

BASIC singkatan dari Beginners All Purpose Symbolic Instruction Code merupakan bahasa tingkat tinggi (high level language) yang bersifat interpreter. Bahasa BASIC diciptakan oleh John G. Kemeny dan Thomas E. Kurtz dari Darmouth Collage, USA. Bahasa ini memang dikenal sangat mudah di pahami dan dipahami. 

Saat mengalami perkembangan yang sangat pesat, BASIC memiliki banyak versi yang beredar di pasaran di antaranya BASICA, CBASIC, GBASIC, MBASIC, QUICK BASIC, GW-BASIC, dan sebagainya. Namun yang paling populer adalah BASICA dan QUICK BASIC (QBASIC) yang berjalan pada sistem operasi MS-DOS atau IBM PC-DOS. 
Pengenalan Bahasa BASIC
Quick Basic (QBASIC)

BASIC adalah bahasa pemrograman yang terstruktur. Selain itu bahasa ini mendukung teknik pemrograman modular atau prosedural yang ditandai dengan tersedianya fasilitas untuk membuat suatu prosedur atau sub program.

Struktur program BASIC diawali dengan bagian pendeklarasian variabel, kemudian bagian tubuh program tempat meletakkan statement atau instruksi-intruksi untuk sebuah program dan diakhiri oleh statement END. Jika dibuat bagan terlihat sebagai berikut:
BASIC memiliki aturan atau kententuan untuk penulisan nama variabel yang akan dideklarasikan, yaitu:
  • Maksimum panjangnya 40 karakter.
  • Terdiri dari huruf, angka, dan titik, tetapi  karakter pertama harus huruf.
  • Tidak boleh menggunakan spasi atau blank di antara karakter-karakter.
  • Tidak boleh ada karakter khusus, kecuali %, !, # dan $ yang harus diletakkan diakhir nama variabel yang menunjukkan jenis variabelnya.
  • Tidak boleh sama dengan BASIC reserved words, yaitu kata-kata yang sudah menjadi milik BASIC untuk tugas tertentu. Reserved word terdiri dari statement, function, keyword dan meta command.
Tipe data dalam BASIC, yaitu:
  • Integer ; bilangan bulat 16-bit  antara -32768 s.d. 32767.
  • Long ; bilangan bulat 32-bit  
  • Single ; floating point 32-bit antara 2.938736 x10-39 s.d 1.701412 x1038.
  • Double; floating point 64-bit antara 2.9358745877055719 x10-39 s.d 1.701411834604692 x1038.
  • String * n ; untai kata yang terdiri dari huruf dan angka dengan panjang n bytes(karakter).

Soal Laporan Pendahuluan untuk pertemuan selanjutnya:
  1. Jelaskan tentang operator dalam QBASIC!
  2. Jelaskan kegunaan dan bentuk umum dari statement berikut: COLOR, BEEP, CLS, CONST,  READ, DATA, END, GOTO, LET, REM, LOCATE, dan STOP?
NB: Untuk Jawaban Laporan Pendahuluan (LP) di atas, lihat di Soal dan Jawaban Laporan Pendahuluan (LP) Praktikum Lab. TI Dasar Minggu ke-2

0 komentar :

Post a Comment