10/08/2015

Membelah 7 Destinasi Ekuator Kalimantan

Membelah 7 Destinasi Ekuator Kalimantan
Sumber: laman viva.co.id

Terdiri dari 5 pulau besar seperti Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan (pulau terbesar di dunia nomor ke-3), dan Papua (juga merupakan pulau terbesar ke-2 setelah Greenland). Memiliki lebih dari 400 gunung berapi, dan hanya di Kalimantan yang tidak terdapat satupun gunung berapi yang aktif. Sebagian besar paru-paru dunia (hutan) sebagai penghasil oksigen untuk manusia ada di Indonesia tepatnya berada di pulau Kalimantan dan Papua. Seperti batu zamrud khatulistiwa, keistimewaan Kalimantan sangatlah mahal karena keelokan, keunikan, dan kelangkaannya.

Keanekaragaman yang terdapat di Indonesia telah lama hadir di pulau Borneo atau yang lebih dikenal pulau Kalimantan yang juga menjadi tempat untuk 3 buah negara sekaligus yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Kesempatan menjelajahi Kalimantan-pun terbuka dengan adanya 7 Destinasi "Borneo Wild Adventure" bersama New Daihatsu Terios seperti berikut:
Membelah 7 Destinasi Ekuator Kalimantan
Sumber: laman viva.co.id

1. Palangkaraya
Kota yang sempat di rencanakan sebagai Ibu Kota RI oleh Ir. Soekarno dulu ini terkenal dengan Taman Nasional Tanjung Puting yang merupakan tempat pertama di Indonesia yang digunakan untuk rehabilitasi orangutan. Tidak hanya itu, taman nasional yang di singkat TNTP ini juga merupakan rumah bagi ratusan flora dan fauna.
Bila di telusuri lagi, ternyata TNTP juga memiliki lokasi menarik lainnya untuk di kunjungi antara lain:

  • Tanjung Harapan, sebagai tempat pertama proses rehabilitasi orangutan yang dilengkapi juga dengan wisma tamu.
  • Pondok Tanggui, di tempat ini orangutan diamati secara tertutup dan tidak ada kontak langsung dengan manusia (isolasi).
  • Camp Leakey, tempat untuk seluruh orangutan yang setengah liar sampai liar.
  • Natai Lengkuas, di gunakan sebagai tempat penelitian satwa.
Suatu kebanggaan kalau bisa menjadi bagian dari kampanye penyelamatan orangutan di destinasi pertama dengan luas wilayah yang merupakan terbesar ke-3 setelah Provinsi Kal-Tim (ke-2) dan Papua (ke-1) ini.

2. Kruing - Banjarmasin
Kruing berada di kota yang memiliki lagu daerah Ampar-Ampar Pisang yaitu Banjarmasin. Namun bila mencari kata "kruing" di mesin pencarian google, maka yang di dapat adalah sebuah jenis kayu dengan nama keruing (kruing/keruwing/apitong/kempas). Banjarmasin terkenal dengan Soto Banjarnya, namun ternyata blogger juga akan dimanjakan dengan berbagai wisata kuliner terkenal lainnya dari kota ini seperti Durian dan juga mencicipi Lontong Orari yang khas dengan lontongnya yang berbentuk segi tiga.

3. Pulau Kaget & Kandangan
Melihat kera hidung panjang atau yang sering di sebut Bekantan merupakan tujuan perjalanan selanjutnya yang akan di jalani para blogger. Selain hewan endemik Bekantan, koleksi anggrek yang ada di hutan akan melengkapi perjalanan di destinasi ke-3 ini. Namun ada satu hewan endemik dari Kalimantan lainnya yang ingin saya lihat yaitu ikan Tembakul, ikan ini merupakan satu-satunya jenis ikan yang dapat melompat-lompat di darat, memanjat akar pohon, dan juga dapat bertahan hidup cukup lama di darat.

4. Amuntai & Balikpapan
Hampir tidak mungkin membelah pulau ekuator Kalimantan yang penuh hutan menggunakan kendaraan biasa, karena di perjalanan selanjutnya para blogger akan di ajak langsung ke dua provinsi berbeda yaitu Amuntai yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan dan juga Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur. Namun dengan menggunakan mobil tangguh New Daihatsu Terios kenapa tidak?. Kali ini penangkaran buaya dan melihat langsung kehidupan kerbau air/kerbau rawa akan menjadi objek perjalanan penuh adventure selanjutnya di pulau dengan julukan "Seribu Sungai" ini.

5. Samarinda
Masih di Provinsi Kalimantan Timur, perjalanan akan di lanjutkan ke kota Samarinda lebih tepatnya ke Desa Dayak Kenyah. Belum di jelaskan kegiatan apa yang akan di lakukan di desa ini, semua masih menjadi sebuah misteri. Sebenarnya, ada suatu kesenian di Kalimantan yang membuat saya penasaran untuk melihatnya, kesenian itu adalah Mamanda. Kesenian Mamanda merupakan suatu kesenian atau pertunjukan berupa Cerita Lucu/Komedi. Saya pun bertanya-tanya, apa mungkin ini Stand Up Comedy ala Borneo? Lalu bagaimana ceritanya?

6. Tanjung Kutai
Melupakan sejenak misteri di Samarinda, perjalanan blogger terpilih dan juga tim TERIOS 7-WONDERS "Borneo Wild Adventure" selanjutnya akan di lanjutkan ke Tn. Kutai yang katanya terkenal dengan kayu ulin. Bicara kayu ulin, maka yang terbayang oleh saya adalah bisa membawa pulang 'batu cincin' yang terkenal berasal dari fosil kayu ulin yang terkubur selama bertahun-tahun. Semoga aja enggak mahal, maklum kantong pelajar.

7. Maratua
Pulau surga (paradise island) ini menjadi penutup perjalan blogger di Kalimantan. Bertempat di kepulauan Derawan, pulau Maratua menjadi tempat bagi siapa saja yang ingin mengeksplor keanekaragaman hayati bawah laut yang masih lestari. Sungguh sebuah mimpi bila memiliki pengalaman pertama menyelam di pulau indah ini.

Membelah khatulistiwa Kalimantan yang juga merupakan pulau terluas ke-3 di dunia dengan menggunakan New Daihatsu Terios akan menjadi pengalaman perjalanan yang mengesankan. Dengan tujuh varian, New Daihatsu Terios tampil dengan interior dan eksterior yang nyaman dan juga aman. Mengusung mesin 1500cc, serta di lengkapi berbagai fitur unggul seperti window jam protection yang berfungsi untuk mengurangi resiko pengemudi terjepit di pintu kaca mobil dan juga fitur keamanan (immobilizer) yang berfungsi untuk mengurangi resiko pada mobil dari tindak pencurian.
Membelah 7 Destinasi Ekuator Kalimantan
Sumber: laman viva.co.id
Side impact beam juga dipasang untuk melindungi serta mengurangi resiko pengemudi dan penumpang dari benturan samping. Selain sebagai mobil idaman keluarga, New Daihatsu Terios 2015 juga sangat cocok bagi mereka yang berjiwa muda dan menyukai petualangan. Dengan beragam fitur unggul dan spesifikasi yang mumpunin, tidak salah bila memilih New Daihatsu Terios untuk menjadi kawan Membelah 7 Destinasi Ekuator Kalimantan saya jika terpilih.


Screenshot Follow dan Like Daihatsu Indonesia:
Follow Daihatsu Indonesia

Like page Daihatsu Indonesia

Screenshot Follow dan Like Vivalog:
Follow Vivalog

Like page Vivalog

Screenshot Tweet:
Tweet Share


Referensi:
Buku Himpunan Pengetahuan Umum
Laman id.wikipedia.org
Laman bekantanman.blogspot.com
Laman ilmupengetahuanumum.com
Laman dephut.go.id
Laman kompasiana.com
Laman daihatsunews.com

22 comments :

  1. Info yang bagus gan... Semoga blog ini sukses

    ReplyDelete
  2. bagus nih cocok yang suka bepetualang buat ngunjungi kota-kota ini..

    ReplyDelete
  3. mantep ya ampe ke palangkaraya :o keren gan infonya :D bermanfaat :D

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. ikutan aja gan lomba blognya, gratis.

      Delete
  5. pengen segera ada dikemudi mobil ini gan, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane ikut dong gan :D
      pake mobil new daihatsu terios kan gan?
      hehehe

      Delete
  6. Nice info,
    Mantaf gan infonya. Makasih

    Sukses selalu :-)

    ReplyDelete
  7. keren artikelnya, makasih gan

    ReplyDelete
  8. gak kalah keren pak sama ferarri. :D ane lebih suka yang beginian karena rumah ane pedesaan.

    ReplyDelete
  9. Mantap pengen lah :D hihi.. Tapi jauh -_-

    ReplyDelete
  10. memang sungguh indah pemandangan di kalimantan gan :D

    ReplyDelete
  11. weeeeew Gan kalo boleh di tambah gambar daerahnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gambar daerahnya belum ada gan, belum pernah ke Kalimantan. Nanti kalo menang baru dah ane tambahin fotonya. (y)
      muehehehe

      Delete
    2. Iya juga ya...browsing dulu gan, jadi ane juga bisa sering2 mampir ke blog agan ini

      Delete
    3. kurang greget kalo nyedot gambar si mbah terus gan.
      hehehe.
      nanti pasti ta tambahin gan, poko'e ta tambahin buat agan (y)
      (kalo menang)

      Delete
  12. Tempat gua tuh palangkaraya :)

    ReplyDelete
  13. Nice info gan,agan lagi ikut lomba atau gimana?? keliatan dari follow + sharing di tweet?? xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia gan, iseng2 berhadiah.
      hehe, thx uda mampir (y)

      Delete
  14. Walah , harga pesawat jawa ke kalimantan berapa ya gan rata2?

    ReplyDelete